Posts Subscribe to This BlogComments

Display

Data Penangkar Burung

Informasi dan kemajuan komunitas penangkar burung, mohon informasi ini bisa dimanfaatkan untuk hal yang positif Baca selengkapnya

Featured

Resep Kontraversi atasi Kutu

Mungkin sudah ada beberapa resep yang mengatasi kutu di pasaran, namun ini pengalaman beberapa tahun lalu yang mulanya tanpa sengaja berlanjut dengan coba coba. Pada saat itu ada kenari yang baru dibeli terlihat lesu, nafsu makan kurang dan sesekali ada gerakan tiba tiba untuk mematuki bulunya. Saat itu saya mencoba memeriksa beberapa bagian badannya, dan alangkah terkejutnya saya saat terasa ditangan ada banyak kutu merayap hingga hampir saja kenari lepas dari genggaman. Beberapa saat saya berpikir mengapa saat kenari datang pertama kali saya pegang tidak ada satupun kutu yang keluar?
Usut punya usut ternyata tangan saya masih ada bau minyak kayu putih yang memang saat itu dipakai anak saya yang waktu itu masih kecil.
Rasa penasaran untuk membuktikan kebenaran ini akhirnya diberanikan untuk mengoleskan sedikit minyak kayu putih ini ke beberapa bagian bulu kenari. . . alhasil seperti kejadian pertamalah yang terjadi . . kutu banyak keluar dan beberapa terlihat jatuh.
Rasa terkejut ternyata masih berlanjut manakala pengolesan selesai kenari saya kelihatan tidak berdaya sehingga sempat muncul rasa menyesal mengapa saya mencoba hal yang tidak wajar ini.


Ternyata kekhawatiran saya pupus saat beberapa menit saya menunggu sedikit demi sedikit kenari itu bangkit seperti sediakala dan bahkan keesokan harinya saya melihat perubahan yang signifikan seperti semakin enerjik dan tidak kelihatan adanya gangguan kutu lagi.
Dengan kejadian itu dapat saya ambil kesimpulan :
  • Minyak kayu putih dapat menuntaskan gangguan kutu
  • Efek penggunaan, burung bisa mabuk bahkan kelihatan sangat lemah meskipun hanya sesaat (tergantung daya tahan tubuh/jenis burungnya)
  • Kayu putih juga dapat dimanfaatkan untuk menyeterilkan kandang dengan cara mengoleskan dengan kuas pada rongga/celah yang memungkinkan jadi hunian kutu
  • Mampu mengusir kutu secara langsung dan spontan tidak perlu menunggu proses lama sebagaimana lazimnya obat kutu
Ini pengalaman saya pribadi dan saya sama sekali saya tidak merekomendasikan penggunaan ini mengingat ini terjadi tanpa sengaja dan sayapun kurang memahami proses yang telah terjadi. Namun demikian ini hanya sekedar share karena minyak kayu putih ini saya pakai sampai sekarang terutama untuk antisipasi kutu pada burung burung baru yang mungkin ada kutu bawaan.
Jika penasaran dan ingin mencoba saya sarankan untuk dicobakan pada burung yang bukan favorit terlebih dahulu dan perlu juga saya ingatkan dosis pemakaian ini hanya sedikit/diusap tangan saja jangan terlalu banyak apalagi sampai basah
Selamat mencoba . . .





Related Post



2 komentar:

  • Selamat mencoba mabok kapal nya

  • Posting Komentar

    You Welcome ..!

    Tingkatkan kualitas burung gacoan anda dengan kompetisi yang fair & nyamanLA Area

    Wahana Kicau Mania LA Bertempat di Pemandian Air Hangat Langenharjo, Grogol, Sukoharjo sebagai tempat menguji kemampuan Burung Kicauan dan ajang silahturahmi semua penggemar Kicau Mania.. Baca selengkapnya

    Recent Comment

    .

    Recent Post

    .

    Hotspot

     

    Atribute

    Music Therapy Kicauan . Google PageRank Checker .

    Pengikut