Posts Subscribe to This BlogComments

Display

Data Penangkar Burung

Informasi dan kemajuan komunitas penangkar burung, mohon informasi ini bisa dimanfaatkan untuk hal yang positif Baca selengkapnya

Featured

Siklus Perkembangan Kenari Import


Sejenak mungkin bermanfaat untuk study banding. Meskipun iklim dan musim berbeda namun bisa menjadi wawasan untuk penyesuaian perawatan kenari kita pada saat menghadapi pergantian musim. Di Indonesia hanya ada musim kemarau dan musim hujan sedangkan di negara2 pengimport kenari rata2 mempunyai lebih dari dua musim. Kenari mengalami perubahan sejalan dengan musim. Pada waktu tertentu memungkinkan kita menemukan kondisi maksimal. Seperti saat kita mengamati populasi burung di habitat liar, sayang sekali jenis kenari adalah murni burung penangkaran, seandainya suatu saat ada pemelihara yang menciptakan tempat pemeliharaan di alam liar pastinya bisa untuk bahan perbandingan





Sebaiknya kita mulai saja dari perkembangan perbulan dari kenari import ini.
Pada bulan Januari sampai Maret kenari rata2 istirahat dan akan memulai berkembang biak pada bulan April hingga Juni, selanjutnya kenari akan mengalami mabung pada bulan Juli hingga September.
Saat terbaik untuk tampilkan kondisi ada pada bulan Oktober sampai Desember, nah kita jadi tahu kenapa burung import seringnya datang di akhir tahun.
Kita coba perinci tiap tahap populasi kenari ini :

•    Bulan Januari - Maret  :
Burung bisa dikatakan istirahat dan peran pemilik adalah mengamati perkembangan atau potensinya, asupan makan yang baik akan mempengaruhi perkembangan selanjutnya, bahkan pada sesi ini diberikan kesempatan pada burung untuk penyegaran kondisi yang ditujukan untuk memaksimalkan rencana sesi berikutnya. Dalam tarap ini bukan berarti memberikan banyak makanan, tetapi bisa ditafsirkan sebagai skenario perawatan, sehingga kadang diperlukan diet agar burung tidak kegemukan. Atau juga mungkin pemberian makanan ektra, campuran bijian berkualitas, sayuran dan vitamin untuk menunjang kondisi. Efektifitas burung sedikit dilonggarkan, bahkan ada sebagian yang memberikan  tempat lebih besar semacam kandang umbaran dilengkapi bak mandi untuk membangun fisik dan mentalnya. Perawatan kuku, paruh, kaki dan antisipasi adanya tungau diterapkan pada sesi ini.  Intinya ini adalah sesi untuk memanjakan burung, merawat, memantau kondisi, mengamati karakter dan memastikan kondisi burung sehat.

•    Bulan April - Juni :
Adalah musim kawin, dimana diperlukan makanan penunjang dan treadment lanjutan yang sudah sedikit banyak diamati pada bulan sebelumnya. Pada musim ini diharapkan mental dan fisik sudah terbentuk dan tinggal penerapannya yang mungkin perlu adanya teknik yang kemungkinan masing2 penangkar mempunyai cara yang berbeda. Dalam sesi ini pemantauan pada sisi pengaruh luar burung, seperti tempat dan lokasi. Penempatan sangkar juga harus diamati apakah sudah sesuai dan nyaman. Pengaruh lingkungan juga sangat dijaga agar potensi burung bisa dimaksimalkan. Pengaturan pola makan sudah harus diketahui  sehingga tidak lagi ada permasalahan mengenai makanan sampai kesehatan burung. Apabila sesi sebelumnya berhasil maka sesi ini sangatlah terpengaruh pada perawatan saat burung istirakat di sesi pertama.
Inti sesi ini memaksimalkan regenerasi burung, sehingga dalam musim kawin ini bisa dihasilkan burung yang berkualitas sesuai dengan tujuannya.

•    Bulan Juli - September :
 Saat yang paling menjenuhkan, dimana biasanya pada bulan2 ini kenari mengalami mabung. Burung menjadi lebih lemah dan perlu perawatan dan pengamatan yang lebih baik.
Perawatan burung mabung ini hampir sama dengan perawatan pada sesi istirahat, yang membedakan adalah kondisi burung itu sendiri pada sesi ini perlu ditambah pemantauannya. Kenari jadi rawan akan penyakit sehingga perlu kandang yang bersih, makanan yang sesuai dan tentu vitamin untuk menunjang kualitas bulu yang tumbuh

•    Bulan Oktober - Desember :
Merupakan saat yang paling dinanti para penangkar dan penggemar. Dari sudut penangkar tentu ini saatnya mengeluarkan hasil tangkarannya, menyeleksi beberapa kenari pada sesi ini sangat tepat, pengamatan hasil regenerasi, percobaan dan pengamatan strain biasa dilakukan pada sesi ini. Pada pihak penggemar saatnya mengadakan kontes. Kenari pada sesi ini merupakan saat terindahnya untuk dilihat dan dipilih, karenannya untuk tujuan penjualan di bulan2 ini sangat tepat. Kenari kenari muda sudah mulai memperlihatkan kualitas suara dan posturnya. Kontes burung banyak digelar baik untuk kepentingan penangkar maupun show pada penggemar.

Kira kira seperti itulah gambaran yang saya tangkap dari beberapa sumber perawatan rutin kenari setiap tahun di negara2 barat, berbagai informasi dan literatur juga mengatakan bahwa pemeliharaan memang dibedakan dengan musim, namun terlepas dari iklim yang berbeda tentu kita bersama akan mengadakan seleksi alam, mana yang terbaik dan cocok untuk perawatan kenari kita. Yang terpenting tentu bagaimana kita mengatasi masalah dan menentukan sikap terbaik untuk mengatasi masalah itu apabila suatu saat terjadi kejadian yang sama. Dalam filsafat Djawa dikenal dengan ilmu "Titen" yang artinya mengenali sesuatu yang terjadi untuk kemudian menjadikannya senjata untuk mengatasi masalah yang sama dimasa mendatang.




Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

You Welcome ..!

Tingkatkan kualitas burung gacoan anda dengan kompetisi yang fair & nyamanLA Area

Wahana Kicau Mania LA Bertempat di Pemandian Air Hangat Langenharjo, Grogol, Sukoharjo sebagai tempat menguji kemampuan Burung Kicauan dan ajang silahturahmi semua penggemar Kicau Mania.. Baca selengkapnya

Recent Comment

.

Recent Post

.

Hotspot

 

Atribute

Music Therapy Kicauan . Google PageRank Checker .

Pengikut